Amuntai Gelar Pasukan Pengaman Pemilu 2019

Antasari Bergerak
Amuntai,19 September 2018

Anggota Kodim 1001 /Amuntai yang di pimpin Kapten Inf Mahmud D.perwira staf seksi operasi Kodim 1001/Amuntai ,bersama Stekeholder Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamnan Pemilu 2019 dengan kode “Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018 .yang disenggarakan Polres Hulu Sungai Utara ,bertempat di lapangan apel Polre Hulu Sungai Utara.

Pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018 berlangsung selama 397 hari dari tanggal 20 September 2018 sampai tanggal 21 Oktober 2019 diseluruh wilayah Indonesia

Dalam pelaksanaan acara tersebut Kapolres HSU AKBP Agus Sudaryatno, SIK, M.H selaku Insfektur upacara membacakan Amanat Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018 Dalam rangka pengamanan pemilu tahun 2019, dari Kapolri :

1. Apel gelar pasukan ini diselenggarakan diseluruh jajaran dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personil sarana,dan prasarana, sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamnan, dengan demikian pemilu 2019 akan dapat di laksanakan .
2. Pelaksanaan kegiatan tersebut upaya untuk meraih kepercayaan publik selaku pemegang kekuasaan tertinggi , Hal tersebut diwujutkan antara lain dengan penegakan supremasi hukum,penghormatan terhadap nilai-nilai HAM dan peningkatan kualitas pelayanan publik.mewujutkan jaminan keamanan dalam penyelenggaraan berbagai agenda demokrasi,seperti penympaian pendapat dimuka umum , kemerdekan berserikat dan berkumpul, serta jaminan keamanan dalam penyelenggaran pemilihan langsung oleh publik guna memilih kepala daerah,anggota Legislatif ,serta pemilihan Presiden dan wakil Presiden RI.
3. Penekanan Kapolri :
– Perkuat soliditas dan sinergisitas TNI dan Polri guna mewujutkan pemilu yang aman ,lancar dan damai.
– Jaga Netralitas TNI dan Polri ,serta hindari tindakan yang dapat mencetrai netralitas TNI dan Polri, dalam penyelenggaran tahapan pemilu.
– Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan detiksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini,
– Dorong seluruh komponen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol, dan masa pendukungnya , Pemda, Media, tokoh masyarakat , tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku,
– Gelorakan deklarasi pemilu damai di masing-masing wilayah dengan meikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu .
– Susun rencana pengamanan secara detail dalam laksanakan latihan pada setiap tahap pengamanan, termasuk dalam menghadapi situasi kontinjensi.
– Lakukan penegakan hukum secara profesional dan proposional ,baik terhadap dugaan tindak pidana pemilu, yang diselenggarak melalui Sentra Gakkumdu, maupun potensi pelanggaran hukum lainya, guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif.

Pelaksanaan Kegiatan dari awal sampai akhir acara berjalan sesuai rencana tertib dan aman.

Admin 1001

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *