PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE-73 DAN HARI KESEHATAN NASIONAL KE-54

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE-73 DAN HARI KESEHATAN NASIONAL KE-54

Antasari Bergerak
Amuntai,Senin 22 Oktober 2018 pukul 10.00 wita
Komandan Kodim 1001/ Amt-Blg Letkol CPN Sundoro Agung Nugroho, M.Si, (HAN) bersama unsur Forkampimda Kab. Hulu Sungai Utara menghadiri Pelaksanaan upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-73 dan  Peringatan Hari Pahlawan ke-73 di  halaman Kantor Bupati HSU  Jl. A. Yani  No. 01 Kel. Murung Sari Kec. Amuntai Tengah Kab. HSU, dengan Peringatan Hari Pahlawan ke-73 Semangat pahlawan di dadaku  dan tema  Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke- 54 ” Ayo… hidup Sehat ,mulai dari kita “

Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si membacakan sambutan Menteri Sosial  RI   Agus  Gumiwang Kastrasasmita :  isi sambutan
1.Bangsa lndonesiamemperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.
2. Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acaranamun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namunsubfansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.
3.Nilai kepahlawanan bukan bersifat sfafis namun dinamis, bias menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruhrangkaian kegiatan peringatan Hari pahlawan harus menjadienergidan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotism dalam membangun bangsa Indonesia.Tema Hari Pahlawan Tahun 2019 adalah .. ,’SemangatPahlawan Di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalamdiri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanyasiapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara lndonesiatanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan har yang bermanfaatuntuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara
4. Indonesia saat inimembutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini.Tedebih lagi dibutuhkan sosok pemuda lndonesia  sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya, Sadar bahwa  negerinya memilki beragam agama, suku, adat istiadat namun mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial dipergunakan untuk keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia.
5.Marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang padaakhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara.

Dan beliau juga membacakan sambutan dari Menteri kesehatan RI Prof .Dr.dr,Nila Farid Moeloek,Sp.M(K) :  isi sambutan
1.PERINGATAN HARI KESENATAN NASIONAL YANG SAAT INI KITA LAKSANAKAN, MENGANGKAT TEMA” AKU CINT ASEHAT” DENGANSUB TEMA“AYO HIDUP SEHAT,MULAI DARI KITA”.TEMA TERSEBUT SEJALAN DENGAN GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) YANG MENEKANKAN PADA KESADARAN TIAP INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN BERPERILAKU HIDUP SEHAT.
2.PERAN PEMERINTAH UNTUK MENDEKATKAN AKSES PELAYANAN KESEHATAN MELALUI PERLINDUNGAN FINANSIAL  TELAH DIBAYARKAN IURAN BAGI PENERIMA BANTUAN IURAN (PIB) YAKNI 87,8JUTA JIWA PADA TAHUN 2015 MENJADI 92,3 JUTA JIWA .FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA YANG MENERIMA LAYANAN  JKN DARI 19.969  TAHUN 2015 MENJADI 21.763 PADA TAHUN 2017. UNTUK FASILITAS TINGKAT LANJUTAN JUGA MENGALAMI PENINGKATAN DARI 1.847 FASKES PADA TAHUN 2015 MENJADI 2.292 PADA TAHUN 2017.
3.SAYA INGATKAN PADA PARA KEPALA DINAS DAN KEPALA PUSKESMAS AGAR MENGERAHKAN SELURUH POTENSI YANG DIMILIKI DALAM RANGKA  MENYELESAIKAN PERMASALAHAN KESEHATAN DI  DAERAH MASING-MASING.
4.PUSKESMAS DAN TENAGAKESEHATAN DI DALAMNYA HARUS MENGAMBIL PERAN MENCERDASKAN MASYARAKAT UNTUK HIDUP SEHAT DENGAN SECARA AKTIF DAN TERUS MENERUS MELAKUKAN UPAYA PROMOSI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT.SAAT  INI ALOKASI  ANGGARAN  UNTUK  BIDANG  KESEHATAN YANG DISIAPKAN OLEH PEMERINTAH CUKUP BESAR, SEHINGGA   BESAR  JUGA   HARAPAN   AGAR  PERMASALAHAN   KESEHATAN TERSEBUT DAPAT DISELESAIKAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA
5.KEBERHASILAN PROGRAM KESEHATAN TIDAK TERLEPAS DARI PERAN MASYARAKAT   DAN   LINTAS   SEKTOR   TERKAIT.   OLEH   KARENA   ITU, KEMENTERIAN KESEHATAN MENDORONG TERLAKSANANYA GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS). DENGAN GERMAS,KITA MENGAJAK KERJA SAMALINTAS SEKTOR DAN LINTAS PROGRAM DALAM MEWUJUDKAN  MASYARAKAT UNTUK BERPERILAKU  HIDUP  SEHAT, YANG PADA AKHIRNYA DAPAT MEMBENTUK BANGSA INDONESIA YANG KUAT

Pelaksanaan kegiatan dihadiri sekitar 1500 orang peserta ,pelaksaksanaan upacara dari awal sampai akhir acara pukul 11:15 wita berjalan sesuai dengan rencan tertib dan aman .

Admin 1001

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *