Seni Beladiri Perguruan Kuntau Gibang Berantai dikukuhkan

Tak disangka kecamatan Batu mandi punya potensi yang luar biasa khususnya seni beladiri.
Kuntau Gibang Berantai nama sebuah perguruan silat yang siang tadi dipertunjukan didepan Dandim 1001/Amt-Blg disaksikan oleh unsur muspika batumandi.

Seni beladiri ini merupakan warisan leluhur kemudian dikembangkan oleh seorang guru yang bernama Jumaid pada jaman penjajahan.
Beladiri ini sempat terhenti perkembangannya kemudian sejak sepuluh tahun yang lalu saudara Sarkawi mulai menghidupkan kembali dikalangan kerabat dan tetangganya hingga saat ini berkembang dan digemari kalangan millennial batumandi dan berujung pada pengukuhan perguruan Kuntau Gibang Berantai oleh Dandim 1001/Amt-Blg di Makoramil 1001-04/Batumandi.

Pada kesempatan acara pengukuhan tersebut, Dandim 1001/Amt-Blg Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi menyampaikan bahwa kegiatan beladiri ini sangat positif karena disamping untuk mempertahankan kearifan lokal juga mewadahi kegiatan para kaum millennial agar tidak terpengaruh perkembangan jaman yang dapat merusak pertumbuhan generasi.
Dandim juga perintahkan kepada komandan koramil 1001-04/Batu mandi yang juga ketua perguruan kunto gibang berantai agar terus melakukan pembinaan terhadap masyarakat diwilayah binaannya terutama generasi muda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *