Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXIII

Amuntai,

Komandan Kodim 1001/Amt-Blg Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi S.I.P,M.Tr.( Han ) menghadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXIII yang di selengarakan oleh Pemerintah Daerah Hulu Suangai Utara bertempat di halaman kantor Bupati HSU, Kamis (25/4).

Wakil Bupati Husairi Abdi LC bertindak selaku inspektur upacara dengan komandan upacara Satpol PP Petugas Tindak Internal Muahamd Fauzi yang di ikuti seluruh pegawai pemda HSU dan tamu undangan dari SKPD kabupaten HSU yang berjumlah kurang lebih 300 orang.

Sehubungan dengan ditetapkannya tanggal 25 april sebagai hari otonomi daerah dan di pringati setiap tahun yang betujuan untuk merepleksikan kembali makna kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah yang telah di laksanakan sejak tahun 1998.

Pada upacara ini wakil bupati HSU membacakan sambutan Mentri Dalam Negeri RI yaitu, Dalam peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXIII tahun 2019 mengambil tema yaitu, “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif”. Tema ini merupakan refleksi dari eksistensi ekspetasi masyarakat kepada pemerintah dalam eningkatkan sumber daya manusia.

Perjalanan otonomi daerah pasca reformasi banyak kemajuan yang telah dicapai, setidaknya tiga hal prinsip yang berubah secara drastis setelah diberlakukanya kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah adalah,: Pertama, mendorong budaya demokrasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Kedua, menumbuhkan iklim kebebasan berkumpul, berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka. Ketiga, Kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi harus melaui proses panjang dan berbelit-belit tetapi menjadi sangat efesien dan responsif, tandasnya.

Di akhir sambutanya menteri dalam negeri menegaskan mari kita kawal otonomi daerah agar selalu di isi dengan kegiatan peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, Mendorong munculnya kemandirian yang di gerakkan oleh kreativitas dan inovasi, Tingkatkan kinerja dan keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah serta pemerintahvdaerah dengan DPRD dan masyarakat. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan memberkahi bangsa dan negara kesatuan republik indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *