Koramil 06 Amt Utara membantu Satpol PP Kab HSU untuk menertibkan warung.

“MULAWARMAN PEDULI”

Amuntai,  13 Juni 2019 pkl 09.00 wita telah dilaks Penertiba warung yg ada dipinggiran jalan poros Amuntai kelua ( depan Ponpes STAI RAKHA Amt) di Desa Pekapuran Rt. 3 Kec. Amuntai Utara Kab. HSU.

Kegiatan dilaksanakan oleh Sat Pol PP Kab. HSU yang dipimpin oleh Plt. Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Kab. HSU Bpk.Jumadi,S.Ap, MT beserta 20 orang Anggota Sat Pol PP.

Dalam kegiatan tersebut di bantu dari angt Polsek Amuntai Utara 3 Personil,
Angt Koramil Amt Utara 3 Personil, Dishub Kab. HSU 4 orang dengan kekuatan 30 orang.
Dalam kegiatan tsb ikut hadir adl camat Amt Utara yg diwakili oleh sekcam dan dari Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Lingkungan Hidup Kab. HSU.

Kegiatan dilakukan dikarenakan berawal pada Bulan Ramadhan 1440 H ada salah satu warung disekitar depan Ponpes STAI RAKHA Amuntai (pedagang warga kawasan Candi Agung Amuntai) buka pada siang hari dan melayani pembeli untuk makan ditempat tersebut (warung sakadup).
Kemudian dari pihak Yayasan Rakha Amuntai mengetahui hal tersebut dan melaporkannya ke Pemda HSU yang selanjutnya langsung ditanggapi oleh pihak Sat Pol. PP Kab. HSU dan diberi surat teguran pertama. Beberapa hari setelah dilakukan teguran oleh Sat Pol. PP ternyata warung sakadup tersebut masih buka dan diberikan lagi surat teguran kedua. Mengetahui hal tersebut kemudian pihak Yayasan berkoordinasi dengan Pemda HSU untuk menutup warung tersebut. Selanjutnya pada tanggal 13 Juni 2019 terbit surat teguran ketiga sekaligus melakukan pembongkaran permanen secara paksa kepada pemilik warung didepan Pondok Pesantren RAKHA Amuntai. Dikarenakan pemilik warung belum juga melakukan pembongkaran sendiri sehingga dilakukan pembongkaran paksa oleh Sat Pol PP dengan didampingi Instansi samping dan tidak mendapat ganti rugi.
Dalam kegiatan tersebut dilakukan penertiban / pembongkaran sebanyak 12 (dua belas) buah warung. Pada saat pembongkaran tersebut tidak dihadiri oleh pemilik warung dimana sebagian besar yang berjualan ditempat tersebut merupakan warga dari luar yang menyewa kepada warga sekitar.
Adapun pelanggaran yang dilakukan pemilik warung yaitu :
1. Perda No. 7 tahun 2016 tentang penyelenggaraan kebersihan dan keindahan lingkungan.
2. Perda No. 9 tahun 2018 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.
Danramil 1001-06 Amt Utara kapten Inf Mahmud. D mengatakan bahwa giat ini dilaks terkait dgn tugas pokok Koramil yaitu ikut membantu Pemda setempat dlm melaks giat di wilayah dan juga ikut menjaga ketertiban dan kerapuhan wilayah.
Kegiatan berakhir sekira jam 10.15 wita berjalan aman, tertib dan lancar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *