Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 1001/Amuntai – Balangan terus berlanjut.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 1001/Amuntai – Balangan terus berlanjut.

Perwira Penghubung Kodim 1001/Amuntai – Balangan, Mayor Inf Mat Khaerul menyampaikan sejauh ini  sudah melakukan clearing terhadap jalan yang akan dibuat.

“Sejauh ini kita sudah lakukan clearing kurang lebih 2000 meter dengan bantuan alat berat,” ujarnya.

Meski hujan yang mulai turun membuat tanah menjadi basah dan sedikit sulit untuk dikerjakan, pihaknya terus bekerja demi memenuhi target progres pengerjaan sebelum Program TMMD 106 Kabupaten Balangan resmi dibuka.

Program TMMD yang dilakukan pihaknya menurut Mat khaerul bertujuan untuk membuka akses penghubung antara induk desa Binuang Santang ke anak desa Libaru Sungkai Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.

Disinggung mengenai dana yang digunakan, ia mengatakan dana tersebut berasal dari APBD Kabupaten Balangan.

“Jika diproyek anggarannya bisa dua kali lipat dari dana yang kami digunakan. Jadi kami benar-benar meminimalisir dana pembangunan,” ungkapnya.

Hal tersebut menurut  pihaknya telah memangkas beberapa biaya yang salah satunya dana upah pekerja.

Selain itu nantinya proyek ini juga akan memanfaatkan batu-batu yang ada di sungai sekitar untuk dijadikan material pengerasan jalan.

Lokasi pengambilan batu yang dipilih untuk dijadikan material pun menurut M Khairul dipilih seselektif mungkin sehingga tidak berdampak buruk bagi lingkungan.

“Kita cari lokasi yang terjadi pendangkalan sungai. Lalu kita keruk agar sungai normal dan kita ambil batunya untuk dijadikan material,” pungkasnya.(pendim1001)

 

#puspentni
#kodam_mlw
#tni_angkatan_darat
#TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *