TMMD 106 Diharap Membuka Perekonomian Masyarakat Binuang Santang

TMMD 106 Diharap Membuka Perekonomian Masyarakat Binuang Santang

 

PARINGIN -TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 di Desa Binuang Santang Kecamatan Halong Kabupaten Balangan diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Desa Binuang Santang sedikitnya dihuni 250 kepala keluarga. Itu tersebar di beberapa dusun yang masing-masing dihalau gunung-gunung tinggi. Medan berat itu cukup menghambat tumbuh kembang ekonomi masyarakat setempat.

Dusun terujung di Binuang Santang adalah Libaru Sungkai. Masyarakatnya rata-rata berkebun karet dan aneka sayur seperti padi, jagung dan cabai.

Untuk memasarkan hasil panen, warga Libaru Sungkai harus membawanya ke pasar di Binuang Santang. Akibat medan berat, perjalanan bisa menghabiskan setengah hari dengan jalan kaki.J arak antara Binuang Santang dengan Libaru Sungkai mencapai 12 Km.

Warga Libaru Sungkai pun sumringah begitu para anggota TNI datang dan mengerjakan proyek jalan tersebut. Harapan baru bagi warga untuk terhindar dari isolasi.

Begitu pula dengan kedatangan Asisten Teritorial Kepala Satuan Angkatan Darat (Aster KSAD) Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari di lokasi kegiatan. Turun naik gunung, jalan berliku ditembus untuk memastikan kegiatan berlangsung baik.

Pengawasan dan evaluasi (wasev) yang dilakukan Aster KSAD Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari di lokasi kegiatan, Senin (14/10/2019) menyimpulkan, pengerjaan berjalan normal. Aster KSAD berharap TMMD berkontribusi besar bagi masyarakat setempat.

“Saya lihat kebun masyarakat sangat bagus. Jalan yang layak tentu sangat diharapkan,” kata Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari.

Bupati Balangan H Ansharuddin yang juga datang mendampingi Aster KSAD pun demikian. Ia berharap kemitraan dengan TNI dalam mendorong pembangunan daerah.

“Pembangunan di pelosok desa yang sebelumnya tak tersentuh karena kurang keterbukaan masyarakat menerima hal baru, sekarang sudah bisa dilaksanakan melalui TMMD,” ucapnya.

Selain membangun jalan, TNI juga melakukan bedah rumah dan perbaikan bangunan tempat ibadah di Binuang Santang.  (Pendim 1001)

#puspentni
#kodam_mlw
#tni_angkatan_darat
#TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat
#TMMD106

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *