Tingkatkan Kemampuan Teritorial Prajurit, Kodim 1001/Amuntai Laksanakan Giat Latnister.

Tingkatkan Kemampuan Teritorial Prajurit, Kodim 1001/Amuntai Laksanakan Giat Latnister.

AMUNTAI-Kurang lebih 100 Prajurit Kodim 1001/Amuntai mengikuti Latihan Teknis Teritorial (Latnister) TA. 2021, selama 5 hari dari tanggal 15 s/d 19 Maret 2021 tempat di Aula Makodim. Pelaksanaan latihan ini terbagi menjadi 2 tahap yaitu 2 hari teori dan 3 hari praktek. Kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) tersebut dibuka langsung oleh Dandim Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, S.I.P., M.Tr (Han). Selasa (16/03/2021)
Dalam pembukaannya Dandim menyampaikan bahwa Program Latnister ini dilaksanakan setiap tahun. Untuk itu karena sebagai pengulangan materi maka diharapkan para Babinsa harus lebih menguasai materi yang disampaikan, sehingga bisa menjalankan tugas dilapangan dengan baik. Bagi anggota yang baru pindah dari batalyon diharapkan segera menyesuaikan diri. Serap semua ilmu yang diberikan oleh para pemateri.
Lebih lanjut Dandim menyampaikan, “Binter merupakan tatanan yang bercorak kewilayahan dan didayagunakan untuk mengolah potensi wilayah yang meliputi geografi, demografi, maupun kondisi sosial menjadi kekuatan yang siap diperlukan untuk kepentingan Pertahanan Negara.
“Latnister bertujuan memelihara dan meningkatkan penguasaan tentang pengetahuan serta keterampilan tehnis Satuan Kewilayahan dalam melaksanakan Tugas-Tugas Kewilayahan serta memberikan kemampuan kepada para Babinsa agar dapat melaksanakan tugas di lapangan dengan baik.” Tutur Dandim
“Untuk mendukung suksesnya Pembinaan Teritorial (Binter) Babinsa juga harus memahami sikap Teritorial meliputi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dengan Metode Binter dengan Bakti TNI, Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) dan Komunikasi Sosial (Komsos).”
“Saya berharap laksanakan dengan semangat, pahami serta cermati materi yang diterima oleh para peserta agar nantinya dapat diaktualisasikan dilapangan.” Tegas Dandim
Walaupun setiap tahun selalu diselenggarakan, Dandim berharap kepada para prajurit agar bersungguh-sungguh dan tidak bosan mengikuti kegiatan Latnister tersebut.
“Jangan sampai bosan..! Tugas kita memang seperti ini, sehingga siklus awal hingga akhir tahun baik kegiatan program maupun non program harus kita laksanakan karena ada pertanggung jawaban yang harus dilaporkan kepada komando atas.” Tutup Dandim (Pendim1001)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *