Pengukuhan Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Hulu Sungai Utara

AMUNTAI – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021. Kasdim 1001/HSU Mayor Inf Eko santoso menghadiri pengukuhan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Hulu Sungai Utara Pengukuhkan ini dipimpin langsung oleh Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Drs. H. Abdul Wahid. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19, kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Tenis Indoor GOR Pangeran Suryanata Karias Kabupaten Hulu Sungai Utara,Jl. H. Abd. Hamidan, Sungai Karias, Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, Rabu (11/08/2021).

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK dalam sambutannya mengatakan bersyukur bisa berada ditengah-tengah 45 orang putra-putri terbaik HSU yang akan mengemban tugas bersejarah sebagai Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih pada upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2021 tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Menjadi anggota Paskibra merupakan kebanggaan tersendiri, karena akan memiliki pengalaman berharga untuk melaksanakan dsn mengemban tugas mengibarkan Bendera Merah Putih khususnya pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021 tingkat Kabupaten HSU dengan tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

“Keterlibatan adik-adik dalam rangkaian Peringat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia memiliki peran strategis dan sangat relevan dalam proses transfer nilai-nilai historis dan nasionalisme bagi generasi muda sebagai generasi penerus perjuangan para pendiri Republik Indonesia. Melalui transfer nilai-nilai historis anggota Paskibra mendapatkan pelajaran yang terkandung dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah dan mengibarkan sang Merah Putih sebagai identitas bangsa Indonesia yang merdeka. Sementara melalui transfer nilai nasionalisme anggota Paskibra dituntut menghayati bahwa sang Merah Putih tidak hanya dimaknai sebatas sebagai simbol negara yang merdeka tapi juga dimaknai sebagai perekat dan pemersatu suku bangsa, ras, agama maupun kebudayaan. Sehingga seluruh masyarakat Indonesia yang beraneka ragam merasa memiliki satu bangsa yaitu bangsa Indonesia” Imbuhnya.

Bupati Wahid berharap para anggota Paskibra HSU mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. memiliki integritas kepribadian baik, mental kokoh, ulet, tegar dan pantang menyerah demi kemajuan HSU yang kita cintai serta bangsa dan negara Indonesia.

Apalagi kita sekarang masih dihadapkan pada pandemi Covid-19 maka diharapkan adik-adik bisa menjadi pelopor dalam penerapan protokol kesehatan sehingga kita semua mampu melakukan pencegahan dan mempercepat penanganan Covid-19 agar kita tetap menjadi tangguh dan tumbuh.

Bupati juga meminta kepada para anggota Paskibra HSU mampu menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa, memberikan pengaruh positif dilingkungan tempat tinggal maupun pergaulan masyarakat.

Bupati Wahid juga mengungkapkan terimakasih kepada orang tua yang telah memotivasi. Kepada para pembina pembimbing dan pelatih Wahid mengucapkan terimakasih atas segala usaha dan kesabaran membimbing putra-putri terbaik HSU selama proses latihan,Tutupnya.

Pada kesempatan yang sama Kasdim 1001/HSU- BLG Mayor Inf Eko santoso menyampaikan bahwa anggota Paskibraka yang dikukuhkan hari ini adalah putra putri terbaik Kabupaten Hulu Sungai Utara yang terpilih menjadi Paskibraka, karena dalam seleksi paskibra ini banyak sekali yang ingin menjadi paskibraka Kabupaten sehingga masuk dalam tim inti ini harus kuat mental dan terbaik, untuk itu laksanakan tugas mulia ini dengan penuh tanggung jawab karena dipundak kalian kegiatan Pengibaran Bendera Pusaka akan berjalan dengan baik atau tidak, dengan mengaharap ridho dari Allah SWT semoga kegiatan Pengibaran Bendera Pusaka nanti dapat berjalan dengan baik.(pendim1001)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *