Pembukaan Lahan Hanpangan Tanaman Porang Program POKAR SANGGAM Kab.Balangan

Balangan – Menindaklanjuti launching program POKAR SANGGAM oleh Bupati Kab.Balangan H. Abdul Hadi beberapa waktu yang lalu, Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Inf Aldin Hadi bersama Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin meninjau ke lokasi pengolahan lahan ketahanan pangan (Hanpangan) tanaman porang di Desa Buntu Karau Kecamatan Juai, Rabu (13/4/2022).

Dandim disaat meninjau lokasi pembukaan lahan Hanpangan, “ini nantinya dapat menjadi contoh bagi petani lainnya baik di Kab.Balangan maupun didaerah lainnya untuk memanfaatkan lahan dengan sistem yang sederhana yaitu tumpang sari modifikasi dan menindaklanjuti launching dari Bupati Kab.Balangan H.Abdul Hadi beberapa waktu yang lalu melalui program POKAR SANGGAM” ucap Dandim.

Dengan memaksimalkan lahan dengan menyisipkan tanaman porang diantara tanaman karet yang menjadi komoditas akan menambah penghasilan petani yang cukup signifikan bahkan kedepan bila program POKAR SANGGAM ini berhasil akan menjadi sumber tambahan PAD Kab.Balangan. Rencana lahan yang akan dikerjakan awal sebesar 100 Ha, oleh Dinas Pertanian dan fihak swasta, sehingga tercipta iklim ekonomi yang sehat antara Stakeholder terkait di Kab.Balangan.Hal ini menjadi salah satu program unggulan dimana Bupati Kab.Balangan H.Abdul Hadi melalui Dinas Pertanian akan mengadakan bibit porang sebanyak ±500ribu bibit kedepannya.

Program POKAR SANGGAM ini sebenarnya untuk mengoptimalkan lahan karet yang sudah ada tanpa land clearing melalui metode intesifikasi. Sehingga dalam satu lahan akan ada 2 jenis komoditas utama yang akan menambah nilai ekonomis dari lahan tersebut.

Senada dengan Dandim, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin menambahkan “Kegiatan ini merupakan wujud keseriusan Polres Balangan bersama Kodim 1001/HSU-BLG dalam membantu Pemerintah Daerah melalui konsep KETAHANAN PANGAN INTEGRASI program POKAR SANGGAM, Pemkab Balangan, Polres Balangan dan Kodim 1001/HSU-Blg dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani, anggota Polri dan Prajurit TNI di Kabupaten Balangan. Bukan suatu hal yang mustahil Kab.Balangan akan menjadi penghasil dan pengekspor tanaman Porang unggulan di Prov.Kalsel bahkan secara nasional kedepannya” ungkapnya. (pendim1001)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *